Desain kamar mandi dalam kamar tidur | Konsep Rumah

Tuesday, May 20, 2014

Kamar mandi di dalam kamar tidur cocok untuk kamar utama bergantung pada ukurannya. Konsep ini juga banyak dipakai di hotel dan rumah sakit. Tujuan utamanya adalah kepraktisan. Memang pada dasarnya konsep kamar mandi di dalam kamar tidur ini tidak sejalan dengan prinsip kesehatan, oleh karena itu untuk rumah tinggal sebaiknya kamar mandi dibuat di luar kamar tidur saja.

Berbeda halnya jika and asudah manula, mungkin adanya kamar mandi di dalam kamar tidur akan sangat membantu. Jika anda ingin membuat toilet di ruang tidur ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Gunakan keramik khusus untuk kamar mandi, dimana sifatnya tidak menyerap air sehingga aroma pesing tidak menyebar.
  2. Gunakan toilet duduk/ jongkok yang memiliki penutup, alasannya sama dengan nomor 1.
  3. Jika memerlukan bak mandi buat dalam ukuran kecil, atau gunakan shower saja.
  4. Gunakan pintu yang mudah didobrak (terbuat dari fiber atau aluminium), Jika terjadi insiden yang tidak diinginkan maka dengan mudah bisa dibuka paksa.
  5. Sebaiknya jangan membangunnya berseberangan dengan pintu kamar tidur. Hal ini sangat penting, agar ketika pintu kamar terbuka orang tidak melihat langsung isi kamar mandi anda.
  6. Karena kegunaannya hanya untuk mandi dan buang air saja maka sebaiknya ukurannya kecil saja.
  7. Pembuangan air harus langsung keselokan, jangan membuat saluran pembuangan air mandi ke septic tank, untuk mengindari aroma tidak sedap.
  8. Air dalam bak mandi harus dikuras secara rutin agar tidak banyak nyamuk.
  9. Sebaiknya tinggi lantainya lebih rendah dari lantai kamar tidur.
  10. Harus ada vetntilasi, dan pastikan ventilasi tersebut dipasangi kawat nyamuk.
  11. Gunakan keset yang sangat menyerap di luar pintunya.

Pada kesempatan kali ini saya belum sempat menampilkan gambar desain kamar mandi dalam kamar tidur ini, tapi saya berjanji di lain kesempatan akan saya buatkan bagan desain yang mudah untuk ditiru dan diterapkan di rumah anda. Semoga bahasan singkat saya tentang toilet di ruang tidur kali ini mampu memberi manfaat, terima kasih.

Labels: , ,

Anda sedang membaca artikel Desain kamar mandi dalam kamar tidur di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Singarimbun Jr. at 05:54

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older