Interior kamar mandi minimalis | Konsep Rumah

Wednesday, May 21, 2014

Pengertian kamar mandi (bathroom) adalah sebuah ruangan kecil di dalam atau di luar rumah yang fungsinya sebagai tempat memberishkan tubuh. Berdasarkan fungsi tersebut maka didalamnya harus ada interior pendukung, seperti bak air dan gayung atau shower. Adapun gantungan baju, rak sabun, penerangan, dan lain-lain dapat dikategorikan sebagai pelengkap saja.

Kebanyakan kamar mandi dipadukan dengan toilet, hal ini wajar saja demi menghemat penggunaan ruangan dalam rumah. Agar terlihat lebih simpel dan minimalis maka tata letak bak mandi dan wc harus didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya. Sebagai visualisasi, "menurut anda, toilet dibuat berseberangan atau berdampingan dengan bak mandi?". Jawabannya pasti beragam, namun perlu diperhatikan prisip berikut ini:
  • Toilet jongkok sebaiknya dibangun bersebelahan dengan bak air dalam kamar mandi, posisinya tepad sebelah kiri bak mandi. Hal ini karena untuk cebok kita akan mengambil air dengan tangan kanan. 
  •  Toilet duduk dapat dibangun berseberangan atau bersebelahan dengan bak air, hal ini karena sebagian pengguna toilet duduk menggunakan tissue sebagai media pembersih. Namun kebanyakan orang membangun toilet duduk bersebelahan dengan bak mandi.
  • Jika kamar mandi hanya dilengkapi dengan shower, maka toilet dapat diletakkan di mana saja selain tepat dibawah pancuran shower tentunya. Pada kondisi ini harus menggunakan wc duduk.
Berikut ini salah satu bentuk desain interior kamar mandi minimalis.

Gambar diatas menggambarkan bagaimana kita bisa membuat bath tube pada kamar mandi kecil minimalis. Karena bath tube berukuran besar jadi harus dipasang secara diagonal. Pada kondisi seperti gambar diatas maka wc harus di bangun berseberangan dengan bath tube dan menggunakan jenis wc duduk.

Menggunakan batu alam sebagai pengganti keramik kamar mandi juga sangat trend saat ini, hal ini karena teksturnya yang mampu merubah suasana menjadi lebih alami. Harga batu alam juga tidak jauh beda dengan keramik tergantung pada jenis yang dipilih. Perhatikan di bagian belakang, disana terdapat jendela transparanini menandakan bahwa kamar mandi ini ada i lantai dua atau lebih. Jika kita membuatnya di lantai satu sebaiknya gunakan kaca rayben atau tanpa jendela sama sekali.

Labels: ,

Anda sedang membaca artikel Interior kamar mandi minimalis di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Singarimbun Jr. at 23:32

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older