Memilih material pintu kamar mandi | Konsep Rumah

Thursday, May 29, 2014

Kita mungkin pernah mendengar ada anak terkunci di kamar mandi. Insiden seperti ini perlu dipertimbangkan dalam memilih material pintu kamar mandi. Suatu saat bisa saja salah satu anggota keluarga terpeleset di kamar mandi yang terkunci dari dalam, untuk itu gunakan pintu yang mudah dibuka secara paksa (didobrak). Selain mudah didobrak, pintu ini juga sebaiknya tahan terhadap air.

Berdasarkan konsep diatas, berikut ini beberapa material umum digunakan:
  1. fiber
  2. plastik
  3. aluminium
Pintu kamar mandi dari fiber sangat lazim kita temukan di rumah-rumah modern saat ini. Keunggulannya; ringan (lebih ringan dari kayu), harganya murah, dan banyak pilihan warna sehingga sangat mudah dipadukan dengan warna keramik lantai dan cat tembok. Kekurangan bahan fiber juga ada, bagi anda yang sudah biasa mnggunakan pintu fiber mungkin pernah mengalami kerusakan kunci. Kekurangan tersebut karena pada material fiber kita tidak bisa menancapkan paku (baut) secara kokoh).

Pintu  plastik juga ada, harganya sedikit lebih murah dari fiber. Kelebihannya; kedap air, ringan, dan banyak pilihan warna. Kekurangannya hampir sama dengan pintu fiber. Bahan plastik juga mudah memuai, jadi daya tahannya juga tidak sebagus kayu dan fiber.

Pintu  aluminium banyak dipakai pada konsep rumah minimalis. Pintu aluminium ini tersedia dalam bentuk pintu dorong dan geser. Harga pintu geser lebih mahal daripada pintu dorong. Kelebihan material aluminium sangat banyak, diantaranya; anti karat, ringan, tahan air, kokoh, dan tahan lama. Warna silver pada aluminium juga menambag kesan modern pada sebuah rumah.

 Sebenarnya pemilihan material pintu ini juga tergantung pada jenis kamar mandi (kering/ basah). Saat ini banyak rumah yang menggunakan konsep kamar mandi kering, dalam kamar mandi tidak terdapat bak penampungan air, sebagai penggantinya dibangun shower area atau bath tube. Pada kamar mandi jenis ini kita bisa menggunakan pintu kayu. Sedangkan pada kamar mandi basah sebaiknya gunakan material tahan air.

Sebenarnya masih ada beberapa material lain yang biasa digunakan untuk membuat pintu kamar mandi; seperti kaca, vinyl, dan PVC. Namun menurut saya pilihan terbaik adanya pada fiber dan aluminium saja. Pintu kaca tidak cocok digunakan untuk rumah keluarga besar yang didalamya terdapat anak-anak.

Labels: ,

Anda sedang membaca artikel Memilih material pintu kamar mandi di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Cineti Kreasi at 11:53

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older