Septic tank untuk rumah daerah rawa | Konsep Rumah

Wednesday, January 27, 2016

Membuat septic tank di daerah rawa lebih sulit daripada di dataran tinggi yang kering. Jika membangunnya terlalu dalam bisa dipastikan septic tank tersebut akan berubah menjadi sumur dan cepat penuh oleh air. Jika hal ini terjadi maka bisa dipastikan kita akan menjadi pelanggan tetap jasa sedot wc, padahal normalnya menyedot wc dilakukan sekali dalam 5 tahun untuk rumah keluarga. Untuk rumah kost yang banyak penghuninya maksimal sekali dalam setahun.

Konsep rumah di daerah rawa menjadi perhatian banyak pengembang, sebab saat ini kebanyakan perumahan dikembangakan di sana. Pengembang atau develover yang baik pasti akan membangun sistem septic tank yang baik. Salah satu konsep septic tank yang cocok untuk rumah di daerah rawa adalah dengan membangun dua septic tank, satu berguna untuk menampug kotoran dan satu lagi digunakan untuk menampung air (resapan).

Bagan sistem septic tank daerah rawa sebagai berikut.
konsep septic tank wc rumah daerah rawa
Bagan septic tank diatas sanagt cocok diterapkan pada rumah daerah rawa atau di pemukiman padat penduduk, juga tepat diterapkan untuk rumah yang posisinya lebih rendah dari jalan (selokan pembuangan air).

Keterangan bagan:
Pada dasarnya gambar tersebut cukup jelas karena dilengkapi dengan keterangan singkat. Hanya saja perlu diketahui syarat-syarat ketinggian pipa pembuangan. Selisih tinggi pipa pembuangan minimal 15 cm, baik dari WC ke tank pertama maupun dari tank pertama ke tank ke dua. WC harus lebih tinggi dari septic tank I (min 15 cm) begitu juga antara tank I dengan II.

Gunakan pipa PVC ukuran besar untuk pipa pembuangan, dipasang dengan posisi miring (lebih tinggi WC daripada septic tank). Hal ini agar sistem pembuangan lebih lancar dan mampu menghindari kasus wc tumpat. Sebenarnya WC juga mudah tumpat karena kesalahan dalam memperkirakan kemiringan pipa pembuangan ini, banyak tukan pembuat rumah memasang pipa dengan kemiringan yang kurang. Untuk itu setiap kali pembangunan WC selalu awasi kinerja tukang agar mereka berhati-hati dalam hal ini.

Labels:

Anda sedang membaca artikel Septic tank untuk rumah daerah rawa di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Singarimbun Jr. at 03:44

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older