Desain dapur minimalis sederhana | Konsep Rumah

Saturday, October 4, 2014

Pada kesempatan kali ini saya akan menampilkan sebuah desain dapur mungil. Pada konsep rumah sederhana dibutuhkan perencanaan matang terutama tentang proporsi luas tiap-tiap ruangan. Sekedar berbagi, desain dapur kali ini saya buat dengan menggunakan 3D home design yang merupakan software gratis bisa digunakan oleh designer amatir seperti saya ini. Untuk mempermudah memahami konsep dekorasi maka ada baiknya langsung perhatikan gambar berikut ini.

desain dapur minimalis kecil sederhana

Keterangan gambar: Ruangan dapur diatas cukup sempit, sekitar 2 x 2m, untuk itu dalam utamakan fungsi-fungsi dasar dari dapur saja dalam mengisi perabot/ furniture. Seperti terlihat di gambar saya hanya menempatkan 1 buah kompor 3 kabinet yang langsung dikombinasikan dengan westafel, 2 buah lemari gantung dan 1 unit kulkas. Pemanfaatan sisi-sisi tembok secara optimal sangat penting diperhatikan dalam membuat desain dapur rumah minimalis, dengan kata lain tembok juga merupakan bagian ruangan yang bisa dimanfaatkan selayaknya lantai.

Rancangan diatas bisa dikategorikan sebagai dapur minimalis murah, mengingat perabot yang digunakan sangat minim. Mari kita coba perkirakan biaya keseluruhan berdasarkan harga pasaran peralatan dapur saat ini. kulkas Rp. 2 juta, kompor tunggal Rp 1 jutaan, lemari dapur seperti gambar Rp. 2 jutaan (sudah ditambah westafel). Berarti biaya total sekitar 5 – 7 juta. Berdasarkan komplesitas fungsi yang diperoleh maka harga tersebut sudah termasuk murah untuk sebuah dapur minimalis kecil.

Akan ditemukan banyak kendala untuk membuat desain dapur kecil, terutama kendala keterbatasan ruang. Hal itu dapat diatasi dengan mengkombinasikan fungsi furniture. Seperti gambar diatas penampang atas lemari dapur dapat difungsikan sebagai meja dapur, lemari gantung dapat dijadikan sebagai rak piring dan inventory. Siasat-siasat seperti ini harus dipahami agar semua fungsi dapur dapat terakomodasi dengan baik.

Perlu diingat bahwa jendela atau ventilasi termasuk syarat utama sebuah dapur. Seperti contoh dapur minimalis diatas, jendela mengambil bagian hingga 15% dari luas sisi tembok. Dalam konsep desain dapur sederhana kita juga harus tetap memperhatikan syarat dasar sebuah ruangan. Dengan kata lain fungsi lebih utama daripada penampilan cantik.

Labels: ,

Anda sedang membaca artikel Desain dapur minimalis sederhana di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Singarimbun Jr. at 22:15

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older