Dapur kecil minimalis 2 x 3 untuk rumah keluarga | Konsep Rumah

Monday, March 9, 2015

Beberapa kreasi desain dapur kecil minimalis pernah saya publikasikan dalam bentuk artikel di beberapa media, semua tulisan tersebut pada dasarnya berdasar pada imajinasi semata. Selain itu kebetulan rumah saya sendiri juga kecil sehingga saya sering moncoba kreasi agar rumah tersebut terasa lapang dan nyaman untuk keluarga. Kali ini sebuah gambar ilustrasi dapur kecil sempat terselesaikan disela-sela kesibukan. Di bawah ini dapat dilihat gambarnya dan selanjutnya akan dijelaskan tentang ilustrasi gamabr tersebut.
dapur kecil minimalis 2 x 3

Ukuran dapur diatas sekitar 2 x 3 meter, tidak lebih besar dari sebuah kamar mandi di kantor saya dulu. Sekecil apapun rumah maka di dalamnya haruslah terdapat sebuah dapur untuk mengolah dan menyiapkan makanan. Pada dasarnya rumah kecil mungkin lebih baik membuat dapur di luar rumah dengan sisi tembok terbuka, itu jika anda memiliki lahan pekarangan yang cukup luas, namun jika pekarangan kita kecil atau bahkan tanpa pekarangan maka terpaksa salah satu ruangan di dalam rumah dijadikan sebagai dapur.

Fungsi dapur sendiri dapat dirangkap dengan fungsi ruang makan, itupun jika ruangannya mampu menampung 1 set meja makan. Jika dapur kita kecil maka ruang makan dapat dipadukan dengan ruang keluarga atau ruang tamu. Seorang ibu rumah tangga haruslah mampu berkreasi dengan bijak dalam mensiasati fungsi-fungsi ruangan pada rumah kecil.

Kita kembali ke topic bahasan tentang rancangan gambar dapur kecil diatas, coba anda perhatikan furniture atau perabot yang ada pada gambar tersebut. Di sana hanya terdapat sebuah kompor, berdapingan dengan lemari dan westafel dengan padanan warna kuning yang disesuaikan dengan warna keramik lantai dan tembok. Di tembok hanya ada dua kabin lemari gantung dan 1 buah freezer di sisi yang berlawanan dengan kompor. Mungkin anda bertanya, jika sebuah dapur seperti gambar diatas, maka dimana kita akan meletakkan peralatan masak?

Peratalan masak berukuran besar digantung di sisi tembok dekat freezer, sedangkan peralatan dapur yang kecil-kecil seperti mangkuk dan piring ada di dalam lemari dekat dan dibawah westafel. Lemari gantung dekat jendela hanya berguna untuk menyimpan bahan makanan kering, kumpulan bumbu masak serta kopi teh dan gula.

Karena dapur tersebut kecil dan ada di dalam rumah maka harus memiliki ventilasi yang cukup agar aroma masakan dapat terurai udara masuk atau keluar rumah. Untuk itu saya tempatkan sebuah jendela besar di atas kompor, hal ini bertujuan agar uap-uap masakan mudah terurai dan keluar ruangan.

Memiliki sebuah rumah kecil memang akan membatasi kreasi yang dapat kita lakukan tapi jangan salah… banyak sekali keuntungan jika kita memiliki rumah kecil minimalis nan sederhana, salah satunya adalah keuntukan dalam perawatan dan menjaga kebersihan. Untuk hunian kecil tidak dibutuhkan pembantu dalam urusan bersih-bersih. Coba anda lihat rumah besar pasti sangatlah repot menjaga kebersihan rumah tersebut setiap harinya. Itualah sebuag dapur imajinatif yang bisa saya tampikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat…

Labels: ,

Anda sedang membaca artikel Dapur kecil minimalis 2 x 3 untuk rumah keluarga di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Singarimbun Jr. at 19:58

Apa tanggapan anda?

1 Comments:

At August 12, 2015 at 12:59 PM , Blogger Singarimbun Jr. said...

sepertinya cukup menarik

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older