Rumah minimalis 1 lantai sederhana | Konsep Rumah

Monday, December 21, 2015

Rumah minimalis adalah bangunan yang memiliki fungsi dasar sebagai hunian. Komponen ruangan yang tersedia pada rumah minimalis cukup seadanya demi terpenuhinya fungsi-fungsi ruangan. Adapun ruangan yang harus ada pada sebuah rumah adalah; ruang tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi.

Konsep minimalis sudah dikenal sejak lama, terutama sejak era revolusi industri. Dimana kesibukan warga perkotaan menuntut efisiensi serta kepraktisan dalam segala urusan. Secara perlahan nilai-nilai art dalam desain rumah mulai dikurangi dan bukan lagi menjadi kebutuhan penting ketika hendak membangub sebuah hunian.

Pada dasarnya konsep minimalis digunakan untuk interior rumah terutama terkait jumlah dan fungsi ruangan, dekorasi serta kombinasi fungsi. Misalnya sebuah rumah type 36 memiliki 5 ruangan; 3 dijadikan kamar tidur, 1 sebagai dapur merangkap ruang makan, 1 digunakan untuk ruang tamu merangkap ruang krluarga. Perabotan dipasang seadanya hanya untuk menunjang aktivitas keluarga, tanpa ada pajangan hiasan.

Komponen eksterior pada rumah minimalis juga seadanya, cukup untuk memenuhi fungsi dasar saja, yakni; teras untuk menerima tamu di beranda, halaman untuk menjemur cucian sekaligus difungsikan sebagai tempat parkir.

Acuan utama rumah minimalis bukan ukuran, sebuah rumah tipe 21 tidak bisa dikatakan minimalis bila komponennya telah melebihi fungsi dasar sebuah rumah. Rumah tipe 45 bisa dikatakn minimalis bila komponen di dalamnya seadanya untuk memenuhi fungsi dasar rumah.

Sehrusnya harga rumah minimalis lebih murah, tapi kenyataanya tidak demikian, mengapa? Coba tanya pada developer. 
Cara terbaik menentukan denah intrior adalah dengan menyesuaikannya dengan tipikal anggota keluarga, terkait umur, pendidikan, jenis kelamin, dan jumlah anggota keluarga. Bila anggota 4 orang maka kamar tidur harusnya minimal 3, 1 untuk ayah ibu, 2 untuk anak-anak dimana sewaktu-waktu bisa juga dijadikan sebagai kamar tamu.

Rumah minimalis sangat cocok untuk keluarga dimana orang tua didalamnya memiliki kesibukan relatif tinggi. Dengan konsep minimalis maka pekerjaan mengurus kebersihan rumah menjadi lebih efisien, sehingga tidak mengganggu aktivitas utama kepala keluarga.

Sekarang rumah minimalis bukan lagi sekedar kebutuhan warga perkotaan, di desa-desa juga sudah banyak penduduk yang membangun hunian dengan konsep mimalis.

Berikut ada 2 contoh gambar rumah minimalis sederhana 1 lantai.
Kedua  gambar diatas diambil di Kota Palembang. 

Labels:

Anda sedang membaca artikel Rumah minimalis 1 lantai sederhana di blog Konsep Rumah. Sampaikan kritik saran anda kepada Author blog ini melalaui form kometar atau contact. Posted by Singarimbun Jr. at 21:27

Apa tanggapan anda?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Newer›  ‹Older